HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Sejarah Pengadilan Negeri

page

Sejarah Pengadilan

Di halaman ini dijelaskan mengenai sejarah Pengadilan Negeri Muara Bulian                                                                                                                                                       

Sebelum terbentuknya Propinsi Jambi, Kabupaten Batang Hari sudah ada, yang merupakan bagian dari Keresidenan Jambi masuk Sumatera Tengah dengan Ibu Kota Jambi dan waktu itu Kantor Wali Kota Madya Dati II meliputi Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung, yang pembentukannya berdasarkan UU No. 12 Tahun 1956.

Sejarah Pengadilan Negeri Muara Bulian :

Pengadilan Negeri Muara Bulian wilayah hukumnya Kabupaten Batang Hari, dahulunya Kabupaten Batang Hari masuk wilayah Hukum Pengadilan Negeri Jambi dan Kabupaten Batang Hari sebagai setting plat (tempat sidang ) Pengadilan Negeri Jambi yang gedungnya terletak di Muara Tembesi, setelah Pengadilan Negeri Muara Bulian terbentuk dan diresmikan pemakaiannya tanggal 9 Pebruari 1982 oleh Direktur Jenderal Pembinaan Badan Peradilan Umum Depaertemen Kehakiman Republik Indonesia Bapak SOEROTO, SH. yang wilayah hukumnya Kabupaten Batang Hari sampai ke Muaro Jambi, karena Muaro Jambi masuk Kabupaten Batang Hari, setelah Pengadilan Negeri Muara Bulian di bangun di Muara Bulian, maka tempat sidang Pengadilan Negeri Jambi di Muara Tembesi dijadikan sebagai tempat sidang Pengadilan Negeri Muara Bulian di Muara Tembesi.

Melihat perkembangan Kodya Jambi begitu cepat maka dibentuklah Propinsi Jambi dengan Undang-undang Nomor : 16 Tahun 1958 dan Pusat kegiatan Pemerintahan Kabupaten Batang hari dipindahkan ke gedung yang sekarang dikenal dan dipergunakan oleh Akademik Pemerintahan Dalam Negeri, tidak lama kemudian pindah lagi ke Kantor Markas Daerah Hansif Propinsi Jambi.

Dengan terbentuknya Propinsi Jambi dengan Undang-undang Nomor : 16 Tahun 1958, Wilayah Kabupatenn Batang Hari tetap seperti sebelumnya, kemudian pada tahun 1963 tempat kegiatan Administrasi Pemda Batang Hari pindah ke Kenali Asam. Kemudian dengan keluarnya Undang-undang Nomor : 7 Tahun 1965 wilayah Kabupaten Batang Hari dipecah menjadi 2 Kabupaten sebagaimana yang telah ditentukan dalam Undang-undang Nomor : 12 Tahun 1956, yaitu :

1. Kabupaten Dati II Tanjung Jabung dengan Pemerintahannya berkedudukan di Kuala Tungkal.

2. Kabupaten Dati II Batang Hari dengan Pemerintahannya berkedudukan di Kenali Asam.

Oleh karena Kenali Asam kurang dapat menampung perkembangan Ibu Kota, maka untuk kemajuan Kota dipandang perlu untuk memindahkan Ibu Kota, untuk mempercepat pemindahan Ibu Kota maka Pemerintahan Daerah bersama DPRD mengusulkan kepada pihak Pemerintah Pusat agar Ibu Kota Batang Hari dipindahkan ke Pijoan. Oleh karena tidak ada kepastian sehingga timbul kesepakatan mengenai Ibu Kota Kabupaten Batang Hari di Muara Bulian, karena Muara Bulian sebagai Ibu Kota Kecamatan memenuhi syarat sebagai Ibu Kota Kabupaten Batang Hari mengingat jarak Muara Bulian dengan Jambi lebih kurang 65 Km.

Dengan dipindahkannya Ibu Kota Kabupaten Batang Hari ke Muara Bulian yang wilayahnya Kabupaten Batang Hari mencakup sampai ke Muara Jambi, maka sejak tahun 1975 Pemerintah Kabupaten Batang Hari mengambil langkah-langkah dengan membangun Kantor Bupati Tk. II Batang Hari, gedung DPR dan Pembangunan Kantor-Kantor Pemerintahan, pada bulan Juli 1979 Menteri Dalam Negeri Amir Machmud atas nama Bapak Presiden Republik Indonesia meresmikan pemakaian gedung-gedung Pemerintah Kabupaten Batang Hari.

Kemudian setelah Muaro Jambi dimekarkan menjadi Kabupaten yaitu Kabupaten Muaro Jambi, dengan dimekarkan Muaro Jambi menjadi Kabupaten Muaro Jambi maka wilayah Kabupaten Batang Hari dipecah menjadi dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Batang Hari Ibu Kotanya Muara Bulian dan Kabupaten Muaro Jambi Ibu Kotanya Muaro Jambi, kedua Kabupaten tersebut masih termasuk dalam wilayah Hukum Pengadilan Negeri Muara Bulian, karena Pengadilan Negeri Muaro Jambi belum ada, setelah berdirinya Pengadilan Negeri Sengeti di Muaro Jambi, maka wilayah Hukum Pengadilan Negeri Muara Bulian dipecah menjadi dua bagian, yaitu Kabupaten Batang Hari wilayah hukumnya Pengadilan Negeri Muara Bulian dan Kabupaten Muaro Jambi wilayah hukumnya Pengadilan Negeri Sengeti.