HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM TRHADAP 4 PILAR PENGADILAN SE WILAYAH HUKUM PT JAMBI.

on Senin, 04 Maret 2019. Posted in Berita

SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM TRHADAP 4 PILAR PENGADILAN SE WILAYAH HUKUM PT JAMBI.

Bapak Dr. H. Gusrizal, SH.,M.Hum Wakil Ketua PT Jambi mengatakan  tujuan kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut perintah Bapak Dirjen Badan Peradilan Umum MA RI paling lambat tanggal 14 Maret 2019, seluruh Pengadilan Tinggi  harus mengusulkan PN ke Dirjen untuk diikutkan dalam Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM ke Kemenpan RB sebagai Tim Penilai Nasional (TPN).

 

Maka pada hari ini seluruh PN di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jambi akan dinilai, apakah layak untuk diusulkan. Lebih jauh mantan Ketua PN Jakarta Pusat tersebut berharap semua PN di Wilayah Hukum PT Jambi  sudah siap, mudah-mudahan tidak ditemui permasalahan yang berarti ujarnya.

 

Dalam Pembangunan  Zona Integritas, dokumen terkait dengan undangan, Notulen, daftar hadir dan foto kegiatan harus terdokumentasi dengan baik sebagai data dukung. Indeks Persepsi Korupsi (IPK) minimal 3,5, Nilai SAKIP minimal C, dan Pumpinan beserta seluruh jajarannya mempunyai komitmen yang serius bekerja dengan jujur, iklas tanpa KKN sudah bisa diikutkan dalam pembangunan Zona Integritas.

 

Mudah-mudahan 4 pilar (KPN, WKPN, Panitera dan Sekretaris) sudah siap. MA jauh-jauh hari sudah mencanangkan ISO, Akreditasi Penjaminan Mutu (APM), Pelayanan Terpadu Satu Pintu   (PTSP) yang semua adalah peningkatan kualitas pelayanan publik. Sekarang Zona Integritas untuk merubah pola pikir dan prilaku aparat Pengadilan.

 

Selanjutnya, Ibu Hj. Irama Chandra Ilja, SH.,MH, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi dalam sambutannya mengatakan, jajaran Peradilan  dituntut secara serius dan sungguh-sungguh mendukung program kerja MA. Ini salah satu rencana aksi (action plan) PT Jambi, yang telah dimulai 24 Januari 2019 dan 25 Januari 2019.

 

Lebih jauh disebutkan, Ketua MA telah menargetkan ada 30 persen peradilan di Indonesia memperoleh Predikat Zona Integritas WBK dan WBBM, namun Bapak Dirjen Badilum menghendaki 50 persen PN di seluruh Indonesia harus mewujudkan WBK dan WBBM. Lalu kami berpikir cara mengimplementasikannya ke PN-PN, dengan melakukan sosialisasi ini, tegasnya.

 

Sebagai warga Peradilan yang baik, kita harus mewujudkan kebijakaan Pimpinan MA. Langkah konkrit PT Jambi sudah turun melakukan penilaian ke daerah-daerah, bersamaan dengan pengawasan dan survailan APM. Lalu kegiatan kita saat ini ada Penilai TPI (Tim Penilai Internal) ke enam area dalam Pembangunan Zona Integritas, terhadap presentasi para KPN, tegasnya, seraya secara resmi membuka acara kegiatan tersebut.

 

Sebelum presentasi para KPN, Bpk. Hasoloan Sianturi, Assesor di Pengadilan Tinggi Jambi menyampaikan sosialisasi Pembangunan Zona Integritas, yang mengatakan  Zona Integritas adalah wilayah unit kerja Intansi yang menerapkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

 

Hasoloan Sianturi yang juga sebagai Juru Bicara Pengadilan Tinggi Jambi tersebut menjelaskan lebih rinci tahapan pembangunan Zona Integritas, melalui Pencanangan, Pembangunan, Pengusulan ke Dirjen Badilum selanjutnya ke Tim Penilai Nasional dan Reviu,  apabila memenuhi syarat akan ditetapkan sebagai Kawasan Zona Integritas WBK dan WBBM oleh Kemempan RB. Nara Sumber lainnya Bpk. Dr. Kasianus Talembanua mensosialisasikan Manajemen Risiko dan Bpk. Efran Basuning mensosialisasikan budaya kerja.

 

Seluruh KPN mempresentasikan kesiapan unit kerjanya masing-masing dan Pembangunan Zona Integritas, diawali oleh Ketua PN Sengeti dan diakhiri dengan KPN Bangko. Setiap usai presentasi KPN, maka Hakim Tinggi Pengawas Daerah menanggapi, memberikan saran dan masukan demi perbaikan masing-masing PN yang diawasinya.

 

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pengadilan Tinggi Jambi, Jalan Telanaipura, Jumat, 1/3/2019, hingga pukul 17.00 WIB diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi Jambi, Para Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PN se Wilayah Hukum PT Jambi, termasuk Ketua PN Muara Bulian Derman P. Nababan, Wakil Ketua PN Muara Bulian Rais Torodji.

 

(Hakim Juru Bicara PN Muara Bulian – Ultry Meilizayeni).

Leave a comment

Please login to leave a comment. Optional login below.