HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

PERINGATAN BELA NEGARA KE-70

on Kamis, 20 Desember 2018. Posted in Berita

PERINGATAN BELA NEGARA KE-70

Rabu 19/12/18 pukul 07.30 WIB dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-70, dengan Inspektur Upacara Bpk. Derman P Nababan, SH, MH (Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian), dengan Komandan Upacara AKP. Rico Antomi, SH (Kasat Sabhara Polres Batang Hari), bertempat di halaman Kantor Bupati Batanghari.

Upacara di ikuti oleh sekitar 400 orang peserta, dengan tema "Indonesia Tanah Airku Tercinta kan ku Bela Sepanjang Masa". Hadir Kapolres Batanghari (AKBP. Mohammad Santoso, SH, S.I.K ), Waka Polres Batanghari (KOMPOL. H. Soekamto, SH), Unsur Forkopimda Kab. Batang Hari, Para Asisten Setda Kab. Batanghari, Para Pejabat Utama Polres Batanghari, Kepala BNNK Batanghari, Para Kepala OPD dalam lingkungan Pemerintah Kab. Batang Hari, Para Ketua GOW (Gerakan Organisasi Wanita) Kab. Batang Hari.

Pada kesempatan iru, Inspektur Upacara membacakan Amanat dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI. Pada intinya pada hari ini 70 tahun yang lalu MR Syafrudin Prawiranegara Menteri Kemakmuran RI mendeklarasikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) atas inisiatifnya melampaui panggilan tugas yang menjadi tanggung jawab beliau, upaya Politik dan Diplomasi MR Syafrudin Perwiranegara terbukti berhasil mengatasi kekuatan militer penjajah dan menunjukkan kepada dunia bahwa Republik Indonesia masih tetap berdiri tegak

Penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai hari Bela Negara merupakan penegasan bahwa Bela Negara sejak dulu telah memiliki Konteks yang sangat luas. Bela Negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi, dan kerjasama segenap elemen Bangsa dan Negara. Bela Negara terutama adalah wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda, tokoh agama sesuai dengan bidang profesi masing2.

Dengan perkembangan zaman diperlukan cara2 yang inovatif serta adaptif agar anak2 muda kita mendapatkan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada tanah air dan merekalah yang akan menahkodai kapal besar Republik Indonesia di masa depan.

Tugas Bela Negara tentulah bukan tugas yang ringan seiring dengan makin konpleksnya tantangan yang dihadapi namun saya yakin malalui sinergi antara segenap elemen bangsa indonesia, yang sipil, yang militer, yang menjalankan usaha, yang belajar dan mengajar, yang mewartakan berita, hingga yang menjadi teladan masyarakat, kita semua mampu membawa indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri, adil, dan makmur serta berkepribadian dalam kebudayaan.

Usai upacara, Inspektur Upacara didampibgi oleh Pimpinan PT Taspen Jsmbi berkenan menyerahkan Santunan dari PT. Taspen kepada Ahli Waris PNS yang meninggal dunia sejumlah 119 juta rupiah.

 

(Sumber photo Dinas Kominfo Batanghari)

 

 

Leave a comment

Please login to leave a comment. Optional login below.