HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

KPN MUARA BULIAN SOSIALISASIKAN HUKUM DAN HAM

on Rabu, 10 Oktober 2018. Posted in Berita

KPN MUARA BULIAN SOSIALISASIKAN HUKUM DAN HAM

Bajubang, 3 Oktober 2018.


Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung  tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang  demi kehormatan dan perlindungan harkat dan martabat manusia. HAM itu bukan merupakan pemberian oleh siapapun juga, karenanya tidak seorangpun diperkenankan mengambilnya dari seseorang. demikian ditegaskan oleh Ketua PN Muara Bulian Derman P. Nababan, Rabu, 3 Oktober 2018, di Aula Kantor Camat Kecamatan Bajubang, pada acara Sosialisasi Perundang-undangan, Bagian Hukum Setdakab Batang Hari.



Lebih lanjut Derman P. Nababan menjelaskan, bahwa HAM dapat dijabarkan atas:
1. Hak-hak asasi pribadi (personal rights),  yang meliputi kebebasan  menyatakan pendapat, kebebasan memeluk agama, dan kebebasan bergerak.
2. Hak-hak asasi ekonomi (property rights), yaitu hak untuk memiliki  sesuatu, membeli dan  menjual serta memanfaatkannya.
3. Hak-Hak asasi politik (political rights), yaitu hak untuk ikut serta   dalam pemerintahan, hak pilih (dipilih dan memilih dalam suatu pemilihan umum), dan hak untuk mendirikan partai politik.
4. Hak-hak Asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum  dan pemerintahan (rights of legal equality).
5. Hak-hak asasi sosial dan kebudayaan (social and culture rights). Misalnya hak untuk memilih pendidikan dan hak untuk mengembangkan kebudayaan.
6. Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata-cara peradilan dan perlindungan (procedural rights). Misalnya, peraturan dalam hal penahanan, penangkapan, penggeledahan, dan peradilan.


Sedangkan menurut Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM, HAM dapat dibedakan atas:
1.    Hak Anak
2.    Hak Atas Kebebasan Pribadi
3.    Hak Atas Kesejahteraan
4.    Hak Atas Rasa Aman
5.    Hak Berkeluarga Melanjutkan Keturunan
6.    Hak Mengembangkan Diri
7.    Hak Turut Serta Dalam Pemerintahan
8.    Hak Untuk Hidup
9.    Hak Wanita

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa Kecamatan Muara Bulian dan Kecamatan Bajubang. Dalam pemaparannya KPN Muara Bulian menyampaikan dengan kocak diselangselingi humor, membuat peserta sosialisasi mengikuti dengan antusias.

 


Dalam sesi interaksi tanya jawab, peserta sosialisasi Bpk. Ngadino mempertanyakan bagaimana perlindungan hukum terhadap guru yang mendisiplinkan Anak, tetapi disalahartikan dan dilaporkan kepada Polisi sebagai penganiayaan Anak. Derman menjelaskan, sepanjang tindakan guru tersebut bertujuan untuk mendidik dan mendisiplinkan Anak dan tindakan itu tidak melanggar hak anak yang masuk dalam ketegori kekerasan fisik dan phisykis, maka tindakan itu dapat dibenarkan. Orang tua dan guru harus seiring selangkah dalam mendidik anak, demi masa depan yang terbaik anak tersebut, tegasnya.

(Hakim Juru Bicara PN Muara Bulian - Listyo Arif Budiman)

Leave a comment

Please login to leave a comment. Optional login below.