HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Articles in Category: Berita

PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE 73

on Selasa, 13 November 2018. Posted in Berita

 

Pada Hari Senin tanggal 12 November 2018, Bertempat di halaman depan kantor Pengadilan Negeri Muara Bulian pada pukul 08.00 WIB dilaksanakan upacara Peringatan hari Pahlawan Tahun 2018 sebagaimana Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor. 1374/SEK/HM.01.2/11/2018 tanggal 08 November 2018, tentang Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Ke – 73 Tahun 2018.

Dengan Tema “Semangat  Pahlawan di dadaku”, suasana upacara berjalan dengan begitu khidmat, Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bapak Derman P Nababan, S.H.,M.H.  Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian Kelas II dengan Komandan upacara Saudara Simon Guntur Parulian, SH, yang pada kesempatan tersebut membacakan teks Pancasila, Mengheningkan Cipta, dan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh petugas upacara diikuti seluruh para peserta upacara, upacara diikuti oleh , Ketua, Wakil Ketua Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat struktural maupun Fungsional, Staf Pegadilan Negeri Muara Bulian Kelas II serta Tenaga honorer.

 

 

 

PN MUARA BULIAN SOSIALISASI IMPLEMENTASI e-COURT

on Senin, 12 November 2018. Posted in Berita

Muara Bulian, 12/11/2018

            Pengadilan Negeri Muara Bulian bekerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Muara Bulian mengadakan Sosialisasi Implementasi e-COURT dan Pembayaran biaya perkara melalui Virtual Account, bertempat di Ruang Sidang Cakra, Senin, 12/11/2018 serta dihadiri oleh seluruh warga PN Muara Bulian dan Para Advokat yg hadir pada sosialisasi tersebut yakni,
1. Riko Sardos Tua
2. Ahmad Roihan Kurnia
3. Muhammad Syafitri
4. Iwan Fales
5. Cipta Hendra
6. Heryanto P. Siregar

Dimana Para Advokat yang hadir adalah yang berdomisili di wilayah Hukum Pengadilan Negeri Muara Bulian.

Pada sesi pertama bertindak sebagai Narasumber adalah Ibu Yanti Eka Savitry dari BRI Cabang Muara Bulian dengan Materi yang menjelaskan mengenai Mekanisme pembayaran panjar biaya perkara secara elektronik, dimana para Advokat maupun perorangan yang terdaftar akan menggunakan Aplikasi e-COURT untuk melakukan pendaftaran perkara dengan mendapatkan Virtual Account. Lebih lanjut dijelaskan bahwa pembayaran bisal dilakukan melalui EDC BRI (Mini ATM → Menu Pembayaran → Plilih BRIVA → Lakukan Swipe Kartu Debit/ATM BRI → Proses Pembayaran Berhasil → Selanjutnya Memasukkan Pin Kartu Debit/ATM, Verifikasi Data Pembayaran → terakhir Input 17 digit Nomor BRIVA).

Bisa juga melalui Internet Banking BRI (ke halaman Internet Banking (https://ib.bri.cbri/Login.html) → Menu Pembayaran → Pilih BRIVA → Capture/Cetak dan simpan bukti transaksi sukes → Klik Kirim dan Entri PIN → Input 17 Digit Nomor BRIVA). Melalui  ATM BRI (Setelah Input PIN Pilih Transaksi Lain → Pilih Pembayaran → Pilih Lainnya → Pilih BRIVA → Input 17 No. BRIVA → Verifikasi Nama & Nominal Lalu Klik “YA” → Simpan BUKTI PEMBAYARAN Asli dan Copy). Bisa juga melalui  Mobile Banking BRI (Akses BRI MOBILE Melalui Smartphone → Pilih Menu PEMBAYARAN  → Pilih BRIVA  → Input Nomor BRIVA dan Nominal → Input PIN → Klik SEND  → Simpan / Cetak Bukti Bayar). Selain itu bisa juga melalui transfer ATM dari Bank lain (Masukan Kartu Debit/ATM dan Entri PIN → Pilih menu TRANSFER, Pilih TRANSFER ANTAR BANK → Masukkan kode Bank BRI (002) kemudian diikuti dengan 17 digit Nomor BRIVA → Masukan nominal pembayaran sesuai jumlah denda yang harus dibayarkan. Transaksi akan ditolak jika pembayaran tidak sesuai dengan jumlah denda titipan → Ikuti instruki untuk menyelesaikan transaksi dan akan Muncul Stru → Nasabah mengambil struk dari ATM  → Copy dan Simpan Struk ATM sebagai bukti pembayaran yang sah).

Selanjutnya Ketua PN Muara Bulian Derman P. Nababan menjelaskan, bahw Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik, menegaskan bahwa E-Court adalah Aplikasi Pengadilan Elektronik yang dikembangkan oleh Mahkamah Agung RI untuk meningkatkan pelayanan terhadap pencari keadilan yang akan diimplementasikan di seluruh satuan kerja (satker) Pengadilan, terdiri dari 4 (empat) program :

      e-filing: pendaftaran perkara  online

      e-payment: pembayaran biaya panjar perkara secara online

      e-notification: notifikasi secara online

     ✓     e-summons: pemanggilan elektronik.

Untuk itu segala kegiatan pembayaran panjar biaya perkara gugatan dan permohonan serta pembayaran upaya hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali haruslah menggunakan Virtual Accout.

            Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Virtual Account (VA) adalah Nomor indentifikasi pelanggan (costumers) yang dibuka oleh Bank atas permintaan Perusahaan (Lembaga) untuk selanjutnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya sebagai nomor rekening tujuan penerimaan (Collection). Penggunaan Virtual Account ini sangat bermanfaat, dimana  Mahkamah Agung, melalui Sistem Informasi Administrasi Perkara,  dapat mengetahui setiap uang yang disetor ke rekening Kepaniteraan secara real time dan diketahui pula   identitas penyetornyasecara otomatis dari mulai nama, nomor perkara, nama pengadilan dan informasi lainnya yang dibutuhkan sehingga dapat setiap saat dilakukan tabulasi data sesuai kebutuhan dan rekomendasi dari BPK. Selain itu penggunaan virtual account memberikan fleksibilitas  bagi  pemohon kasasi/peninjauan kembali untuk melakukan pembayaran tanpa terikat di satu bank  dan dapat menggunakan beragam cara pembayaran seperti ATM, SMS banking, dan internet banking. Demikian juga Pemohon kasasi/peninjauan kembali mendapatkan informasi dari sistem bahwa setoran telah diterima oleh rekening penampung, dan Mahkamah Agung dapat memprediksi secara akurat perkara yang akan diterima di Mahkamah Agung.

            Pada kesempatan itu juga Ketua PN Muara Bulian menegaskan kepada para Advokat supaya melakukan registrasi diri sehingga semua terdafatar dalam sistem E-Court Mahkamah Agung, hal mana nantinya menjadi prasyarat seseorang advokat bisa beracara di Pengadilan. Acara juga dilanjutkan dengan tanya jawab, dan penyerahan Seperangkat Mesin EDC (Elektronik Data Capture) BRI dan CMS (Cash Managemen System) dari BRI (Persero) Muara Bulian yang diterima oleh KPN Muara Bulian Bpk. Derman P. Nababan, diakhiri dengan foto bersama.

(Hakim Juru Bicara PN Muara Bulian – Ultry Meilizayeni, SH.,MH)